Solusi Masalah Pada Android


Hai sobat androgen, udah lamaaaaa....... bgt aq gk posting karena rutilitas dunia nyata, karena dunia nyata  udah mau ditinggal so sekarang main ke dunia maya dan posting tentang gimana sich mengatasi masalah masalah yg sering timbul di hp berplatform android ini, apa lagi buat hp yg low end kaya xperia x8, x10 mini atau x10 mini pro juga gayung gapok dan galmin dan umumnya untuk semua android, ok langsung simak aja yach:

1. BAGAIMANA CARA INSTALL APK DILUAR MARKET

    Bagi yg punya hh android pasti tidak semua punya koneksi yg setabil yg membuat banyak orang males jika di disuruh install di play store  dan dengan menginstal apk kita juga bisa dapet app gratis yg berbayar klo ini masalahnya maka pergilah ke SETTING - APLIKASI - LALU CENTANG - CENTANG SUMBER TIDAK DIKETAHUI/ UNKNOWN SOURCES lalu installah apk ente.

2. PULSA SERING HABIS TANPA DIPAKAI

 Karena android adalah hp yg always online dan banyak aplikasi yg meminta background data dan hak koneksi maka tidak heran jika pulsa sering terpotong biaya koneksi kecuali situ punya unlimited internet gitu loch . caranya dengan mematikan auto snyc di SETTING - ACCOUNT & SNYC - JANGAN CENTANG BACKGROUND DATA  tapi perlu diingat bahwa aplikasi playstore atau market butuh background data yg aktif  amu bisa centang hanya jika perlu saja klo gk perlu   maka y jngn di centang dong, jika belum bisa atau pulsa masih di potong maka pergi ke SETTING-WIRELESS&NETWORK-MOBILE NETWORK- JANGAN CENTANG DATA ENABLED ini akan membuat koneksi Internet dari oprator terputus total so pulsa gk akan kepotong

3. KENAPA ALIKASI BERJALAN LAMBAT ?

   JIKA anda punya hp low end sperti 3 seri xperia diatas maka untuk membuka aplikasi facebook yg 20mb saja sudah lemot dikarenakan ukuran clock processor dan ukuran ram  sudah terlampau kecil sedangkan aplikasi berat membutuhkan 2 hal tersebut, anda bisa optimalkan dengan overclock processor bagi yg sudah rooted dan swap ram bagi yg custom kernel tapi banyak aplikasi yg berjalan di latar belakang maka anda bisa mematikan nya dengan aplikasi sperti advance task killer agar ram lebih lega, jika suka main game pasanglah chain fire 3D

4. KENAPA SAYA TIDAK BISA PASANG SIM FREE PLAY DI X10 MINI?

   Perlu diketahui jika tipe hp seperti 3 xperia diatas adalah qvga dan arm6 dimana apk  Game Yg tergolong berat (The sim free play (HVGA+ARM7) di hp tidak akan dpt trinstall jika pun dapat di install maka saat data sudah lengkap aplikasi akan lag atau sering force close saran saya maka carilah game hd yg telah mod untuk arm6 dan jika game yg mod terasa agak lag maka pasang chain fire 3D


5. BAGAI MANA CARA MENGETAHUI VERI ANDROID

   Masukklah ke SETTING-ABOUT PHONE/TABLET-ANDROID VERSION misal jika kita menemui angka 2.3.7 berarti android nya berversi Ginggerbread v7 jika 2.1 maka eclair dan jika 4.0 maka ics  dan banyak lagi yg lain.


 6. KENAPA HH SAYA TIDAK MULTI TOUCH

   JIKA hh anda Android eclair kebawah maka sudah jelas tidak bisa karena zoom dg multi touch atau layar cubit mutlak hanya Punya nya froyo ke atas jika hh anda eclair kebawah anda bisa menggunakan custom rom untuk itu

7. KENAPA APLIKASI SAYA TIDAK DAPAT DI PINDAH

    Aplikasi android dapat dipindah tergantung versi androidnya saja untuk Froyo ke atas memang lebih mudah karena Sudah bisa di pindah tapi juga bisa dengan aplikasi move2sd tapi jika eclair kebawah maka kita harus bersusah susah karena sebenarnya tidak didukung tapi jika sudah rooted maka bisa di pindah dengan link2sd


8.  BAGAIMANA CARA BACKUP APLIKASI  YG TERINSTALL

     Memang backup sebuah aplikas tidak built on pd sebuah hh deroid tapi setiap Aplikasi yg terinstal dari market  maka akun  google anda akan otomatis meriwayatkannya tapi jika dipaksa anda bisa backup dg titanium backup bagi yg rooted tapi hasil backup juga hanya bisa di urai dg titanium backup juga tapi jika back up apk saja anda bisa pakai filtur app manager yg built in di es explorer

9. KENAPA MARKET BUKANYA PLAY STORE

   Play store di desain Dan di upgarde otomatis di froyo ke atas maka eclair kebawah akan tetap market tapi mungkin ada cara untuk itU kendati banyak perubahan yg di bawa oleh play store salah satunya adalah lebih ter itergrasi dengan google+ , disini perlu dicatat bahwa setiap akun google terotomatis mempunyai akun google+

10.  BAGAIMANA MENGGANTI TEMA DI ANDROID

   Di android kita tidak menyebut sebutan tema Tapi launcher , banyak  launcheR pihak ke tiga yg bisa di manfaatkan seperti go launcher atau adw Launcher dan banyak launcher lain yg dapat me makeover tampilan hh kita bahkan seperti windows phone, blackberry, iphone, windows 8 dll.

11. KENAPA BATRAI ANDROID MUDAH HABIS

   Sebenarnya Ketahanan baterai android tergolong lumayan dibanding balckberry tapi karena ciri has smart phone yg harus always on packet datanya(kecuali symbian) maka batrai juga akan berkurang ketahanan nya apalagi untuk game, caranya adalah  SETTING-WIRELESS&NETWORK-MOBILE NETWORK- JANGAN CENTANG DATA ENABLED   ini bertujuan untuk mematikan koneksi internet operator secara total sehingga akan awet energi selain itu juga banyaknya aplikasi yg running di background juga akan menyedot energi jadi silahkan pasang aplikasi task killer, dan untuk lebih optimalnya lagi pasanglah aplikasi batery saver seperti easy battery saver atau anttutu battery saver yg dijamin gratis.

12. APAKAH ANDROID SAYA BISA JADI HOTSPOT

   Android yg dari awal ber versi froyo keatas bisa dijaadikan hotspot Wifi tapi jika hh eclair kebawah maka tidak memungkinkan untuk itu meskipun telah melakukan costum rom sekalipun akan ttetap gagal tapi dengan sedikit bantuan root maka hh eclair kebawah juga bisa jadi modem via  kabel USB meskipun bukan hotspot.

13. KENAPA SAYA TIDAK BISA MENERIMA SMS

   Hal ini disebbkan oleh memory internal Yg tinggal sedikit sehinga memunculkan notifikasi tanda memory yg tinggal sedikit , bahkan jika memori masih 20-30Mb sekalipun, silahkan meng hapus aplikasi tidak penting sehingga notifikasi low memory tidak terlihat lagi

14.KENAPA BATRE SAYA CEPAT HABIS

    Karena android adalah golongan smart phone maka android di tuntut untuk connect 24 jam ke internet meski gak di pake sekalipun, untuk cara mematikannya biasanya matikan koneksi datanya, pasang task killer untuk membunuh aplikasi saat multitasking.

     Nah setelah mengupas segala tentang masalah pada android maka bila ada masalah yg belum tercantum dan ingin di selesaikan silahkan untuk kirim pertanyaan apapun tentang android ke fesbuk admin (are fee ever)  Mention juga di twitter admin (@areif_by) Yg pengen Ngobrol lebih intens silahKan add admin di Line (Id: Twent) atau langsung komen Di bawah Bila perlu cantumkan email.

by by........!


Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Solusi Masalah Pada Android ini dipublish oleh Unknown pada hari Rabu, 20 Februari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 71 komentar: di postingan Solusi Masalah Pada Android
 

71 Tweet:

  1. mau tanya nih bro, knp setiap main game android kok sering kputus dtengah permainan..??

    BalasHapus
  2. ram sama processornya gk kuat mas bro...........!
    coba pake chainfire 3D

    BalasHapus
  3. mau tanya ni gan, di tablet android saya pda memori sd internal berpkapasitas 1,60Gb, tpi yg 1,25Gb nya kog udh kepake di gambar & video, pdhal udh sya cek dalemnya gk ad file sebesar itu, cma ad file2 yg kecil. apakah saya hrus me root android sya??

    BalasHapus
  4. coba priksa folder cache di sdcard > dcim > .thumbnail (hiden) di folder ini biasanya ada file yg menyedot banyak memory, kamu harus hapus folder ini, untuk masalah lain kamu bisa tanya dengan saya dan para master di group facebook http://www.facebook.com/groups/androidindonesiagroup/

    BalasHapus
  5. Gan. Ane punya kasus nih. Aplikasi playstore,gtalk,gmail gak bisa dijalankan gan di galaxy w ane,pokok nya yg berhububgan dgn google gak bisa di jknkan gan sehabis ane upgrade os nya dr gb ke jb v4.2.2. Klo aplikasi lain gak ada msalah.
    Mohon solusi nya gan.
    Makasih

    BalasHapus
  6. Gan. Ane punya kasus nih. Aplikasi playstore,gtalk,gmail gak bisa dijalankan gan di galaxy w ane,pokok nya yg berhububgan dgn google gak bisa di jknkan gan sehabis ane upgrade os nya dr gb ke jb v4.2.2. Klo aplikasi lain gak ada msalah.
    Mohon solusi nya gan.
    Makasih

    BalasHapus
  7. itu mungkin adalah bug dari custom rom nya, coba instal ulang semua google appnya pake yang zip

    BalasHapus
  8. mau tanya nih, saya kan download tema launcher, kenapa semua tema yang saya terapkan gak bisa full version ya ? animasi2 di tema gak muncul
    padahal free,

    BalasHapus
  9. @kunaisya - maksud anda go super theme?
    kalau benar maka meski gratispun gk bakal bisa full karena untuk menjadikannya full anda harus membayar upgradenya dengan langsung atau bayar dengan getjar gold. sebaiknya anda cari APKnya tema tersebut langsung di google. untuk fast respon lebih baik menghubungi langsung lewat whatsapp saya di +6287701098838

    BalasHapus
  10. Kok punya saya androidnya suka memory full ya ,padahal udah root

    BalasHapus
  11. root itu cuma membuka akses system saja, coba anda cari cara swap memory!

    BalasHapus
  12. Boss, ane mw tanya nih.. Kenapa ane ga bisa install the sims freeplay di android ane yh.. Hp ane xperia ZL.. Tulisannya "your device is not compatible with this version".. Padahal klo gw liat temen gw yg pake xperia v bisa maenin, padahal itu spek nya lebih rendah dibanding xperia zl.. Mohon jika ada solusi nya, terima kasih..

    BalasHapus
  13. kalau gk salah inget ya... simsfree play terbatas di playstore dg negara tertentu,atau mungkin agan isa coba instal pake APK + DATA nya aj,a

    BalasHapus
  14. gan hp saya samsung young udh upgrade os JB dan sudah di partisi menggunakan link2sd tapi kenapa setiap mau mindahin ke eksternal selalu keluar alarm force close?
    mohon bantuanya gan

    BalasHapus
  15. Custom rom yg anda pakai sepertinya menyimpan bug seperti itu, jika di lihat kan cuma alarm saja yg force close dan hanya saat mau mindahin app ke external saja, jangan hawatir itu masih wajar mengingat anda memakai custom rom!

    BalasHapus
  16. misi gan ! mau nanya nih ! apa saja yang bisa timbul penyakit di android ane yang sering ane jadiin hotspot portable untuk teman2 !!!! android ane samsung galaxy chat B-5330 ! thankz sblumx gan !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk akan muncul masalah, masalah satu satunya mungkin batre & quota jadi cepet habis, saya juga sering begitu kok

      Hapus
  17. Mw tny gan.. hp sy samgal s4 SC. Klo mw buka grup di fb, lama nya minta ampun, pdhl awal2 beli lancar2 aj..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering seringlah menghapus cache, pastikan koneksi internet lancar.

      Hapus
  18. Gan... Hp saya samsung note 8,, 5 hri blkangan ini klo ngecas hp (sllu dlm keadaan nonaktif) lama sekali penuhnya lbh dr 3 jam,mlah prnah saya ngecas dr jam 12 siang smpai jam 6 sore blum full jg.. Saya pkir chargernya yg mulai rusak,tp stlah saya coba chargernya dpke ngecas ke hp samsung yg lain pengisiannya normal2 aja slma 2-3 jam,, kenapa ya gan bisa bgtu ?? Mohon jawaban dan bantuannya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa coba anda kalibrasikan lagi batrainya, upgrade firmware jika ada pembaharua, terus yg jadi pertanyaan adalah anda mencharge hp samsung lain selama 2 - 3 jam itu batrai tsb berapa kapasitasnya? Dan galaxy note 8" anda berapa.... pasti beda.

      Hapus
  19. gan mau tanaya
    kenapa ya hp saya setelah saya upgrade menjadi jelly bean… kan udah selesai ni trus di layar awalkan ada tulisan welcome untuk memilih bahasa kenapa layar.nya tidak bisa di apa2in dan tidak bisa memilih apapun sama sekali gan …. mohon bantuannya gan //??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Restart saja.jika masih bermasalah sebaiknya ke grup hp nya saja

      Hapus
  20. Mas bro mau tanya donk,. Gw punya xperia zr memorybya sisa 1 gb knpa harus di transfer ya? N padahal gw punya aplikasi game cuma dikit gmn bisa penuh ya?

    BalasHapus
  21. Gan gue uda pkek semua cara di internet cara biar google play storenya tidak ada kata berhentinya lgi tapi tetap gagal. Mohon solusinya?

    BalasHapus
  22. Gan gue uda pkek semua cara di internet cara biar google play storenya tidak ada kata berhentinya lgi tapi tetap gagal. Mohon solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba flash G App, kalau gk gitu coba di factory reset

      Hapus
    2. Klo dr penglmn aku yg dlu play store q juga kayak gitu, kmu lihat penggunaan data aplikasinya nah play store kamu pasti full pemakainnya, solusinya untuk beberapa hari jangan gunain play storenya ntr klo tanda fullnya dah berkurang pasti bisa

      Hapus
    3. Klo dr penglmn aku yg dlu play store q juga kayak gitu, kmu lihat penggunaan data aplikasinya nah play store kamu pasti full pemakainnya, solusinya untuk beberapa hari jangan gunain play storenya ntr klo tanda fullnya dah berkurang pasti bisa

      Hapus
  23. gan mau tanya, hp ku kan samsung galaxy chat. ram nya kan dikit banget.
    bgaimana tu gan caranya biar tidak lemod.
    trus bagaimana gan cara ngeroot hp tersebut, apakah bisa rusak pa gak jika diroot atau ngerootnya salah.
    aku takut mau ngeroot hp trsebut gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ram galaxy chat masih standar saat ini yaitu 512mb. Yg sudah di potong untuk sistem. jika kamu sudah root maka ada aplikasi ram manager untuk memanage ram lebih baik. kalau root sampai saat ini belum ada yg rusak gara gara root hanay saja garansi hilang. uuntuk cara rroot silahkan menghubungi komunitas android setempat

      Hapus
  24. Gan mau nanya tablet ku setelah di reset ulang ga bisa buat maen game 3d cuman keluar garis2 sama suara aja gmana solusinya kasian anaku ga bisa maen game..mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  25. Mas mau tanya knapa setiap saya main game fast and furious 6 muncul tulisan low memory padahal gamenya udah dipindah ke memory eksternalnya. Mohon bantuannya

    BalasHapus
  26. Mw tnya Gan, Knp Hp Gw Koq Dibuat Mai Game HD Koq Lemot / PAtah patah
    Gw Dh Instal Apk Booster Tpi Msh Pth Pth Dan Gk Bisa Dipindah Ke Memory eksternal

    BalasHapus
  27. Salam kenal...boleh sharing solusi utk samsung S4 knp saat mau telp keluar responnya lama ya..tp stlh berhasil telp selanjutnya lbh cepat (normal)...trmksh

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Kenapa xperia zr saya susah connect ke play store padahal browsing di google cepet banget?

    BalasHapus
  30. Mau tanya bos.
    Ane kok ga bisa ngirim apk ke tabnya adek ane ya?
    Tiap ngirim langsung gagal.
    Kalo ngirim musik,foto,video bisa.
    Tapi ane ngirim apk ke HPnya temen ane lancar2 aja bos.

    Ane ngirim apk pake "apk extractor"
    Tab adek ane merk china, OSnya ICS.

    BalasHapus
  31. Mohon bantuan gan, q kan mo cheat money game the sims freeplay android dengan gamekiller, tp knp kok game sama gamekiller ngk bisa di buka bersamaan, pas game mau kebuka icon game killer hilang, padahal q coba di game lain bisa, kenapa ya gan?

    BalasHapus
  32. Mau nanya. youtube saya gak bisa di buka ada bacaan terjadi masalah, padahal saya pake wifi dan wifi nya bisa buka macem2 kecuali apk youtube,,, terus saya hapus cache, saya copot pembaruan dan saya hapus data, ternyata hasil nya gak work. Saya minta saran nya ya, saya pake tablet lenovo A3000-H

    BalasHapus
  33. Mau tanya gan kalau mw munculin notifikasi icon pas download tuh gmna ya.. hp saya pkek grand 2 .. dlu sih ada pas wktu download muncul icon tanda panah sbg tanda kalau sdng proses mendownload.. nah skrg tuh gak muncul .. bisa minta bantuannya..??

    BalasHapus
  34. Kenapa go launcer engga bisa dipake.ipad cina?

    BalasHapus
  35. mantapp,,
    trims berat gan buat infonya

    BalasHapus
  36. Gan kenapa tablet android saya kok ggk bisa nginstal aplikasi tulisanya gini gan "maaf tidak cukup ruang pada android" trus ada pilihanya kelola aplikasi . semuanya masih banyak gan , minta solusi gan

    BalasHapus
  37. Gan sym mo tanya knpa apk d memori eksternal sy tidak muncul.,sedangkan u/ lagu & foto da,, gmn ni gan..

    BalasHapus
  38. Tadi kan saya beli kuota telkomsel 2,5gb. Terus yg jalan cuma app line dan bbm. Biasanya bisa ke app lain, tapi skrg tbtb gabisa. Itu kenapa ya?

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Gan hp ane ga bisa install link 2sd nh menurut agan gimana solusinya mohon pencerahannya dong :v kalo masalah yang izin install aplikasi dari luar udah di centang + hp ane juga dah diroot ya pokoknya udah lengkap lah perizinannya cmn kok ga bisa keinstall ..bingung ane.. mohon pencerahannya yaa :v

    BalasHapus
  41. GAn,knpa ya advan s5e saya multitouchnya gk bisa. GAnti rom apapun te2p sama. MAkasih sblmnya

    BalasHapus
  42. Gan hp ane samsung galaxy grand tapi kenapa ya pas mau buka sims freeplay malah terhenti

    BalasHapus
  43. Gan hp ane asus zenfone5 terus ane mau download sim city,tapi sim city di app storenya ga ketemu gan,itu kenapa ya? Ada tulisan "perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini" itu ane harus gimana gan biar bisa download simcity?

    BalasHapus
  44. Mau tanya nih, kok hp saya muncul tanda panah merah kebawah pd saat mau d cas?

    BalasHapus
  45. Gan hp saya sony xperia T3 kenapa ya tiba tiba sering terhubung jarinhan wifii padahal disitu ga ada jaringan wifii, udh di matiin bentar bnetar terhubung lagi

    BalasHapus
  46. Gan. Cara hapus virus malware "time service dan monkey key" di samsung galaxi chat gmn ya? udah coba beberapa cara masih aja terinstall lagi. Thanks

    BalasHapus
  47. gan android saya bermasalah gan gimana solusinya
    kalau di jalankan kan macet macet..dan dipojok atas ada lambang logo ram muncul deng kombinasi bulat merah.mohon solusinya gan.apakah masih bisa diperbaiki tu gan? wass

    BalasHapus
  48. Gan sya punya samsubg galaxy prime ram msih ksong bnyak pnyimpanan internal juga. Tapi buat main coc aja nglag skali gmna solusinya? Kalo umpama di instal ulang bisa normal lagi pa gk gan

    BalasHapus
  49. gan bantu solusi'a dong.
    hp smsung android tapi kamera'a gk bisa,trus ada tulisan[malangnya,galeri telah berhenti]
    knpa gan ya

    BalasHapus
  50. Gan sya mau nanya, ini hp sya oppo yoyo r2001.. Itu knp ya klo pas mau donwload tertulis maaf memory anda sdh penuh tpi sya liat memorinya msh ada sisa, dan klo d pndah ke memory sd juga msh tetap... Tpi pas sya liat di kelola aplikasi biasanya kan ada tulisan ramnya lah ini kok gk ada. Sma penyimpanan juga gk ada tulisan sisa dri memory tsb... Knp ya mohon solusinya

    BalasHapus
  51. Gan sya mau nanya, ini hp sya oppo yoyo r2001.. Itu knp ya klo pas mau donwload tertulis maaf memory anda sdh penuh tpi sya liat memorinya msh ada sisa, dan klo d pndah ke memory sd juga msh tetap... Tpi pas sya liat di kelola aplikasi biasanya kan ada tulisan ramnya lah ini kok gk ada. Sma penyimpanan juga gk ada tulisan sisa dri memory tsb... Knp ya mohon solusinya

    BalasHapus
  52. Mau tanya saya lg main sims 3 freeplay pas lg di pertengahan game saya keluar di save and exit dan tiba-tiba pas sy masuk gamenya msh ada di tempat sy save pas keluar sy save dan exit tp pas di buka sy terulang lg di tempat save yg pertama bukan di terakhir kalinya dan terus begitu. Knp ya???

    BalasHapus
  53. Hp saya Lenovo a369i kemarin habis diflash kenapa jadi error ya? setiap aplikasi ada keterangan 0.00b nya. kira kira kenapa ya? Terus di penyimpanan telepon sama sd card nggak bisa nghitung space yg tersisa. Tulisannya ' menghitung' gitu terus. Mohon bantuannya kak. Makasih

    BalasHapus
  54. Kemaren saya mengaktifkan ultra hemat daya tapi gk bisa, tapi sorenya saya restart hp saya tibatiba mode hemat daya nya aktif, tapi gk bisa di nonaktifkan sampai sekarng, terus semua aplikasi gk bisa di buka kecuali browser sama line.. knp ya? Mohon bantuannya.. ��

    BalasHapus
  55. kenapa hp androidku tiba-tiba gak bisa di aktifin 3Gnya ya kak? sinyalnya E terus, setiap di clik setelan jaringan 3G malah keluar tulisan "sayangnya,proses com.android.phone telah berhenti" nah kalo mau di service data bbm kan katanya ilang,padahal isinya penting dan aku lupa sandi bbmnya kak,cara lain ada gak ya kak? thxx

    BalasHapus
  56. Gan hp ane memory internal ny penuh tpi yg jdi masalah ntu di memory internal sya gx ada folder apa" gan ntu knpa yah... tolong jawab

    BalasHapus
  57. Gan mau nanya nih s4ku disuruh login ulang akun googlenya, tapi pas buka setting > account tapi malah forceclose gan, kenapa ya? cek update udh terinstall katanya. mohon solusinya gan nuhun

    BalasHapus
  58. Gan mau nanya nih s4ku disuruh login ulang akun googlenya, tapi pas buka setting > account tapi malah forceclose gan, kenapa ya? cek update udh terinstall katanya. mohon solusinya gan nuhun

    BalasHapus

diooda